Fordebi Sumbar Dilantik

Print
PDF

Kepengurusan Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI) wilayah sumatera barat telah dilantik langsung oleh Ketua Umum Fordebi Pusat DR. Aji Dedi Mulawarman di kampus Politeknik Negeri Padang pada hari Rabu tanggal 4 Oktober 2017. Fordebi Wilayah Sumbar diketuai oleh Nurul Fauzi yang juga dosen Akuntansi Politeknik Negeri Padang. Kepengurusan yang dilantik tersebut berasal dari dosen-dosen dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumatera Barat.

Pelantikan pengurus Fordebi wilayah sumatera barat juga dihadiri OJK wilayah sumatera barat, komisaris PT. Semen Padang yang juga pengurus Ikatan Akuntan Indonesia Sumatera Barat, lembaga-lembaga keuangan syariah dan pimpinan dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Barat.

Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan wadah yang menghimpun kerjasama antara perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk mendorong dan menciptakan akselarasi penyediaan sumber daya insani di bidang ekonomi Islam, manajemen dan bisnis Islam, dan akuntansi syariah.

Untuk menciptaan akselarasi tersebut, FORDEBI menjadikan penyusunan kurikulum pendidikan yang siap pakai untuk perguruan tinggi sebagai agenda utamanya. Membangun kemitraan strategis, kerjasama kegiatan, dan penelitian dengan berbagai lembaga dan institusi baik di level nasional maupun internasional juga menjadi agenda penting FORDEBI.

FORDEBI dilahirkan dari hasil Workshop Nasional Pertama Kurikulum Ekonomi Islam, Manajemen dan Bisnis Islam, dan Akuntansi Syariah yang digagas dan diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang pada 7-8 Mei 2010 dan diikuti oleh perwakilan perguruan tinggi di Indonesia. Fordebi wilayah sumatera Barat adalah yang pertama untuk daerah Sumatera.

Selain kegiatan pelantikan, acara yang dihadiri lebih dari 150 orang dosen dari berbagai perguruan tinggi tersebut juga dilaksanakan seminar yang dibuka langsung oleh Direktur PNP, Aidil Zamri ST, MT dengan topik Arsitektur Kesejahteraan Semesta dengan menghadirkan narasumber nasional yakni Dr. Aji Dedi Mulawarman (Dosen Universitas Brawijaya), Dr.Ari Kamayanti (Direktur Peneleh Research Institute) dan Nurul Fauzi (Ketua Fordebi Wilayah Sumbar) dengan moderator DR.Amy Fontanella, dosen jurusan akuntansi PNP.

Menurut DR.Aji Dedi Mulawarman, Kesejahteraan semesta adalah cara untuk kembali ke fitrah kemanusiaan kita, fitrah alam semesta, fitrah ketuhanan, kesatuan fitrah kemerdekaan sekaligus kesucian mengabdi kepada Allah SWT. Keseimbangan fitrah tersebut Nampak pada sirah Rasul yang mengedepankan keseimbangan intermediasi-produksi-retail berbasis mikro yang mengendalikan makro.

Dalam seminar tersebut juga dibahas terkait dengan membangun nagari dengan kasus lumbung pitih nagari (LPN) di Sumatera Barat oleh Nurul Fauzi yang aktif melakukan penelitian tentang lembaga keuangan nagari. LPN awal dulunya didirikan untuk mendorong ekonomi masyarakat dan pembangunan nagari dan dimiliki oleh nagari namun saat ini mengalami pergeseran dan dinamika yang didominasi nilai-nilai kapitalisme sehingga hilangnya rasa kepemilikan anak nagari. Hal ini juga disebabkan LPN mengedepankan legal formal sehingga tidak berbeda BPR dengan LPN. Dampak terbesar adalah LPN meninggalkan adat dan budaya sebagai akar LPN, ujar Nurul Fauzi yang juga saat ini kandidat doktor Universitas Brawijaya.

Terkait dengan semakin meningkatnya minat dosen melaksanakan penelitian syariah, Fordebi Sumatera Barat juga melaksanakan Workshop metodologi penelitian berbasis tauhid yang ditujukan kepada peserta yang berasal dari Dosen-dosen dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Barat.

 

 

 

 

POLITEKNIK NEGERI PADANG

Alamat : Kampus Limau Manis, Padang, Sumatera Barat
Tel : +62 751 72590
Fax: +62 751 72576
E-mail : : pnp@polinpdg.ac.id


 

Banner Pildir 2917

 

Banner Pildir 2917